Gaya Hebat First Media: No News is Good News

FisrtMedia-mengecewakan-dalam-Koran-TempoMemang saya harus menjura kepada First Media karena kearifannya dalam mengajarkan manajemen pelayanan. Salah satunya adalah “no news is good news“.

Sudah jelas bahwa masalahnya adalah sudah seminggu “jaringan di wilayah saya” mati – artinya bukan hanya internet di rumah saya yang padam – eh, masih ada petugas layanan pelanggan yang berlagak tak tahu masalahnya. Kemarin siang (Senin, 20/10/2014) dia menelepon saya setelah perusahaan tahu bahwa keluhan saya dimuat oleh Koran Tempo.

Berarti, kalau tak muncul di koran (cetak) tak perlu ditanggapi. Waduh  padahal saya sudah mengeluh sekian kali ke layanan pelanggan, didata oleh komputer, bahkan percakapan direkam. Sungguh layanan yang sophisticated. Saya acung jempol karena kagum.

No news is good news. Jangan buang waktu untuk mencari tahu apakah persoalan sudah diketahui oleh bagian pengaduan. Responsif itu bagus, bukan? Tak soal tanggapnya itu karena diperintah bos setelah membaca koran atau karena hal lain. Pokoknya bagus. Layak puji.

Si petugas meminta saya melakukan ini dan itu yang berkaitan dengan urusan teknis internet – seolah modem dan komputer saya bermasalah. Akhirnya saya lelah, tak dapat mengimbangi kemuliaan perusahaan itu dalam mengajarkan ketelatenan memeriksa peranti sehat yang tak bermasalah.

Apa boleh buat saya hanya bisa memintanya menelepon lagi untuk memberitahu saya kapan internet dihidupkan lagi. Kalau jawabannya hanya berisi “tidak tahu”, dalam pengandaian saya lebih praktis dibuat sebagai sticky dalam situs perusahaan. Lebih hemat.

Malam hari ada yang menelepon, menanyakan apakah internet sudah menyala. Memang sudah menyala dan saya melanggar tradisi maupun etika dan etiket saya sendiri: tak mengucapkan terima kasih setelah internet dihidupkan sehabis seminggu mati. Internet menyala itu default, hak saya sebagai pelanggan;  kalau internet mati itu opsi dari sisi saya.

Dalam Google, pencarian “first media” memberikan sebuah tautan dengan keterangan “First Media adalah layanan cable TV HD terdepan & internet broadband tercepat di Indonesia“. Lalu? Lihat artikel berikutnya…

Tinggalkan Balasan

